DPW Hidayatullah bersama Posdai Luncurkan Sekolah Dai Kalimantan Timur

Berita231 Dilihat

SAMARINDA (Hidayatullah.or.id) — Dalam rangka menguatkan layanan dakwah, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatulllah Kalimantan Timur (Kaltim) melalui amal usaha Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) dibawah Departemen Dakwah meluncurkan Sekolah Dai yang sempat tertunda karena pandemi.

Peluncuran Sekolah Dai ini dilakukan bersamaan dengan pembukaan kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) Guru Ngaji metode Gerakan Dakwah Mengajar dan Belajar Al-Qur`an (Grand MBA) bertempat di Aula Utama Kantor DPW Hidayatullah Kalimantan Timur, Jln Antasari, Gang Tujuh, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda, yang dibuka pada hari Jum’at, 14 Muharram 1444 (12/8/2022).

Kepala Bidang Dakwah dan Pelayanan Ummat (Yanmat) DPP Hidayatullah Drs Nursyamsa Hadis yang meluncurkan Sekolah Dai ini mengatakan, tahun perdana Sekolah Dai ini ada 15 orang mahasantri yang akan dididik selama satu tahun.

“Selanjtnya setelah mengikuti pendidikan, mereka akan dikirim berdakwah ke berbagai daerah khususnya di Kaltim,” kata Nursyama yang didampingi Ketua Departemen Komunikasi dan Penyiaran Ust Shohibul Anwar dan Ketua Departemen Rekrutmen dan Pembinaan Anggota Ust Iwan Abdullah.

Hadir pula Koordinator yang juga instuktur nasional Grand MBA Pusat Ust Agung Tranajaya bersama dan instruktur nasional Grand MBA Pusat Ust Muhdi Muhammad.

Usai peluncuran Sekolah Dai, acara dilanjutkan Diklat Guru Ngaji metode Gerakan Dakwah Mengajar dan Belajar Al-Qur`an (Grand MBA) yang diikuti oleh 34 penanggung jawab RQH se-Kaltim.

Hadir juga peserta perwakilan dari Mahulu, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Samarinda, Bontang, Kutai Timur, Berau, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Paser, dan perwakilan dari organisasi pendukung tingkat wilayah Pemuda Hidayatullah Kaltim.

Selama 3 hari acara dibagi menjadi dua sesi. Dua hari pertama adalah pelatihan guru ngaji dan Daurah muallim Grand MBA Metode 8 jam mahir membaca Qur’an dan dilengkapi dengan paket tahsin.

Adapun satu hari berikutnya dilanjut kegiatan Training of Trainer (TOT) Bina Aqidah untuk wali murid Hidayatullah. TOT ini dilaksanakn sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan pembinaan wali murid yang selama ini.

Penyelenggraan kegiatan yang berlangsung intensif selama 3 hari ini melibatkan amal usaha Posdai dan Rumah Qur’an Hidayatullah (RQH) Kaltim yang didukung oleh Baitulmaal Hidayatullah (BMH).*/Ain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *