Hidayatullah Berau Kobarkan Spirit Al Fatih para Pemuda

Berau, Dakwah143 Dilihat

BY MUHAMMAD · PUBLISHED NOVEMBER 12, 2022 · UPDATED NOVEMBER 16, 2022

Berau – Pemuda Hidayatullah menggelar Leadership Training Center (LTC) di Kampus Hidayatullah Berau, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, yang dibuka pada Jum’at, 17 Rabiul Akhir 1444 (11/11/2022).

LTC yang digelar PW Pemuda Hidayatullah Kaltim bersinergi dengan PD Pemuda Hidayatullah Berau ini dibuka secara resmi oleh Ketua Yayasan Kampus Madya Hidayatullah Berau Ustadz Adri Al Amin.

Dalam sambutannya saat pembukaan itu, Ustadz Adri mengingatkan bahwa keruntuhan sebuah bangsa karena pemudanya. Itulah yang terjadi pada Turki Usmani yang runtuh karena kerapuhan yang dialami pemudanya.

“Keruntuhan dan kejayaan Islam ditentukan oleh pemudanya,” kata Ustadz Adri sambil menyampaikan pesannya yang mengharap agar Pemuda Hidayatullah terus berkoordinasi dalam setiap hal.

Ia juga mengobarkan semangat gerakan kepemudaan dengan mendorong pemuda senantiasa mewarisi semangat perjuangan para pahlawan bangsa dan juga pejuang besar Islam, seperti Muhammad Al Fatih, yang berhasil menaklukan Konstantinopel dengan sumber daya berbagai bidang yang dimilikinya.

“Bangsa Indonesia bisa bebas dari penjajah karena kerja keras pahlawan dari kalangan kaum muda, ulama, dan santri. Begitupun Al Fatih yang bisa melakukan penaklukan karena kerja keras dan keistiqamahannya,” ujarnya.

Pesannya pula, seorang pemuda harus meningkatkan kapasitas dirinya.

“Pemuda harus rajin membaca dan harus berani mengambil keputusan,” tegasnya seraya meminta pemuda Hidayatullah selalu mengobarkan semangat gerakan kepemudaan. “Jangan layu sebelum berkembang,” tandasnya.

Panitia acara yang juga Ketua PD Pemuda Hidayatullah Berau, Muhammad Ikhsan Kamil, menyampaikan rasa syukur kepada Allah dan takzim penghormatan kepada DPD Hidayatullah Berau, yayasan, serta PP dan PW Pemuda Hidayatullah yang telah membimbing dan terus mendampingi berjalannya Pemuda Hidayatullah Berau.

“Bukan hanya sekadar kabar gembira, tapi kami menginginkan lebih banyak suntikan semangat yang bisa diberikan kepada pemuda Hidayatullah Berau agar lebih bersemangat untuk kedepannya,” kata Ikhsan.

Dia mengatakan, agenda LTC di Berau ini digelar bersamaan dengan kegiatan pelatihan Lembaga Pendidikan Al-Quran (LPQ) Bersanad yang merupakan 2 dari 3 program nasional Pemuda Hidayatullah. Dengan kegiatan ini, diharapkan pemuda akan semakin mantap dalam bergerak.

“Menjadi generasi muda, kita tidak hanya harus mengikuti perkembangan yang ada di tempat tersebut, melainkan juga harus lebih banyak bergerak, tidak hanya berdiam diri. Harus lebih banyak berkaca, baik kepada orang-orang tua, kepada senior-senior untuk bisa terus meng-upgrade diri,” tandas Ikhsan sambil mohon doa agar PD Pemuda Hidayatullah Berau istiqamah di jalur perjuangan.

Pada kesempatan tersebut turut hadir sejumlah pengurus PW Pemuda Hidayatullah Kaltim seperti Sekretaris Imam Muhammad, Bendahara Haji Malik Najmuddin, Ketua Departemen Perkaderan Sukman, Ketua Departemen Humasdatin Muhammad Mulyadi, instruktur LPQ Ustadz Muhammad Zulfahmi dan tim, unsur organisasi pendukung Muslimat Hidayatullah dan Kepala Gerai BMH Berau.

Helatan dua program yang digelar sekaligus di Kabupaten Berau ini terasa istimewa karena dihadiri langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Hidayatullah Imam Nawawi yang didampingi Sekretaris Jenderal Mazlis B. Mustafa.* (Yacong B. Halike/Hidayatullah.or.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *