Tetiba Camat Kampung Mualaf Datangi Posko Dakwah Mahasiswa, Ada Apa?

Artikel, Dakwah, Kukar199 Dilihat

Hidayatullahkaltim.com — Mahasiswa STIS Hidayatullah yang menjalankan tugas Praktik Kuliah Dakwah di kampung mualaf, Senin lalu (1/5/2023) didatangi Camat Kedang Ipil, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Zaki Mubarok sebagai ketua yang memimpin rekan-rekannya (Ramadhan, Dalwan, dan Rizki Namma) mengakui sempat kaget dengan kedatangan Camat dan rombongan itu.

“Waktu itu kami baru aja selesai masak buat makan siang bang. Nah, pas mau makan tiba-tiba ada datang mobil Rush putih plat merah langsung parkir depan masjid (tempat PKD),” terangnya kepada Tim Media.

Mulanya, Zaki menganggap rombongan Camat hanya ingin singgah dan untuk menumpang shalat di masjid. Tapi di luar dugaan, ternyata rombongan itu menghampiri mahasiswa STIS Hidayatullah.

“Awalnya kami pikir orang mau singgah shalat, kan. Eh, sekalinya pas masuk ke dalam pekarangan masjid, rombongan Pak Camat ini langsung menuju ke kami,” tuturnya.

Rasa was-was mereka makin menjadi-jadi tatkala Camat beserta rombongannya menghampiri mereka.

Zaki mengaku sempat ada kekhawatiran terkait kedatangan rombongan Camat itu. Sebagai info, berdasarkan pantauan mahasiswa yang bertugas PKD, di Desa Kepang Ipil itu penduduknya mayoritas non-Muslim.

“Sempat kepikiran jangan sampai kami ini mau dimarahin atau mau diusir,” tuturnya.

Namun ternyata jauh dari yang dibayangkan. Sebelum mahasiswa memberi salam kepadanya, Camat itu duluan menyapa mereka dan langsung mengulurkan tangannya untuk bersalaman.

“Eh ternyata Pak Camatnya langsung yang nyapa kami, beliau duluan yang salam terus langsung bilang, ‘Adek-adek ini mahasiswa dari Hidayatullah yah?’ Terus saya jawablah, ‘Iya, betul, Pak!’,” tutur Zaki.

Setelah mendapat jawaban dari mahasiswa itu, Pak Camat langsung tersenyum. Lalu rombongan Camat itu bersalaman dengan para mahasiswa lainnya.

“Rombongan (Camat) langsung saliman semua sama kami berlima. Terus beliau langsung tanya apa rencana program kami? Kami jelaskanlah rencana program kami selama bertugas di kampung mualaf (Desa Kedang Ipil) ini,” tambahnya.

Zaki sebagai Ketua Kelompok pun tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. Ia langsung memaparkan program-program untuk diadakan selama satu bulan lamanya di situ.

Setelah mendengar pemaparan program dari mahasiswa, di luar dugaan lagi, Pak Camat menyambut antusias PKD STIS Hidayatullah itu.

“Setelah kami jelaskan beliau langsung bilang, ‘Pokoknya apapun program kalian yang berkaitan dengan agama IsIam, InsyaAllah kami dukung!’.”

“Beliau juga punya harapan besar kepada kami yang bertugas di tempat ini agar mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat-masyarakat mualaf yang ada di tempat ini,” pungkas Zaki yang saat ini duduk di semester 6./* (Abana20/MCU/STIS Hidayatullah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *