Kembangkan Ekonomi Produktif, Hidayatullah Bontang Kembangkan Pertanian Terpadu dan Berkelanjutan

Berita, Bontang495 Dilihat

HIDAYATULLAHKALTIM.COM, BONTANG — Pagi itu, Kamis, (01/9/22) ada yang berbeda di Pesantren Hidayatullah Qaryah Mubarokah. Kerja sama antara PT. Pupuk Kaltim dan Kelompok Tani Hidayatullah Qaryah Mubarokah resmi diteken. Kerjasama tersebut dimaksudnya pemberdayaan masyarakat dalam bidang pertanian terpadu dan berkelanjutan.

Pengurus DPD Hidayatullah, Usman Sulaiman menjelaskan bahwa ini merupakan program unggulan DPD Hidayatullah Bontang untuk mengembangkan ekonomi produktif. Gayung bersambut, PT. Pupuk Kaltim sebagai bentuk kepedulian terhadap pengembangan masyarakat mendukung program tersebut. Dukungan itu diwujudkan dengan mengadakan tempat pelatihan dan pengembangan pertanian terpadu dan berkelanjutan.

Kerja sama tersebut diwujudkan dengan pencetakan sawah 1,1 ha, pemberian alat pertanian  serta perbaikan irigasi. Adapun sawah tersebut akan digarap dengan metode sawah surjan, yang dikenal tangguh untuk berbagai medan tanah. Yaitu metode menanam padi yang dikombinasi dengan tanaman lain yang mendukung pertumbuhan padi. Pada umumnya, tanaman yang digunakan adalah tanaman pertanian jenis palawija.

Para petani bersama Tim dari PKT dengan alat pertaniannya.

Pengurus Pesantren Hidayatullah, Ustadz Syamsuddin menuturkan kesyukurannya atas dijalinnya kerja sama ini. ” Alhamdulillah, Semoga diberkahi dan bisa membawa hasil yang melimpah” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *